Thursday, November 29, 2012

Bahaya CyberBullying


Cyberbullying merupakan bentuk lain dari bullying (traditional bullying). Bullying merupakan pelecehan atau perilaku mengganggu yang dijumpai dalam kehidupan nyata, sedangkan cyberbullying adalah pelecehan atau perilaku mengganggu yang terdapat pada cyberworld(dunia maya). Istilah cyberbullying ini digunakan karena internetlah yang menjadi media perantaranya. Berbeda dengan bullying (traditional bullying) yang mengandalkan sarana fisik seperti ujaran frontal ataupun kekerasan fisik lainnya. 
Bahaya Cyberbullying

Cyberbullying merupakan salah satu konsekuensi dari perilaku dalam bersosialisasi yang merupakan aspek manusia sebagai anggota masyarakat. Ada perilaku positif dan ada perilaku negatif. Beberapa perilaku negatif yang sering dijumpai antara lain kriminal, tidak sopan, mengganggu dan masih banyak lagi yang salah satunyacyberbullying tersebut. Saat seseorang menjadi bagian dari masyarakat dunia maya (netizen) atau saat mereka mengakses internet, perilaku negatif seperti demikian dapat banyak kita jumpai. Karakteristiknya kurang lebih sama walaupun dalam kemasan yang berbeda.

Modus cyberbullying merupakan cara bagimana pelaku melakukan perilaku cyberbullying-nya.Ketergantungan internet yang dimiliki seseorang mungkin dapat memicu potensi perilaku negatif yang akan muncul dan mungkin salah satunya merupakan termasuk dalam modus cyberbullying. Berikut ini adalah modus cyberbullying dan bagaimana para remaja berinternet melecehkan seseorang saat go online yang sering ditemui dibeberapa kasus adalah seperti berikut:

Mengucilkan (exclude) seseorang dari instant messenger buddy list atau blocking e-mail. Hal ini umumnya dikarenakan kebencian semata tanpa alasan yang masuk akal.
Memancing seseorang untuk menceritakan hal-hal pribadi dan mengirimkannya kepada orang lain.
Mengirim pesan-pesan yang berisi ancaman atau ejekan kejam melalui e-mail, instant messages (IM), atau text messages (SMS).
Membuat account e-mail samara atau bahkan menggunakan account e-mail orang lain untuk mengirimkan pesan tidak benar dan jahat.
Membuat website yang melecehkan rekan sekelas atau guru dan menyediakan ruang untuk memberikan polling yang bersifat melecehkan di dalamnya.
Menciptakan suatu account tertentu (mungkin account dengan pribadi yang terkesan lebih kuat dan banyak) untuk menyerang, membuat bingung, atau menakut-nakuti.

http://www.cyberbully.org/
http://www.omtiger.com

No comments:

Post a Comment