Friday, December 16, 2011

cara mengeolala keuangan yang baik

Di masa modern ini khususnya anak muda banyak yang mulai melupakan nilai dari sebuah uang. Mereka banyak yang tidak mengetahui betapa sulitnya mencari selembar uang. Harus dimulai dari dini pengelolaan uang itu dilakukan, agar kelak tidak akan mudah melakukan penghamburan uang. Dengan berubahnya zaman maka semua harga kebutuhan pun lambat laun semakin meningkat begitu juga dengan jumlah kebutuhan kita yang seiring dengan pertambahan umur. berikut ini cara-cara mengelola keuangan yang diukur sesuai dengan kebutuhan kita dalam jangka pendek ataupun jangka panjang :
1.Buat Perencanaan Uang
Buatlah sebuah perencanaan anda ingin membeli apa, dengan tujuan apa, dan berapa yang anda harus keluarkan untuk membeli apa yang anda inginkan tersebut. Dengan ini anda akan mengetahui berapa uang yang anda akan keluarkan kelak dan anda juga dapat mengetahui uang sisa anda yang anda bisa tabungkan. Jadi uang tersebut tidak akan terbuang sia-sia karena anda mau tidak mau harus menjalankan apa yang sudah anda rencanakan sebelumnya.
2.Buat Perhitungan Pendapatan dan Pemasukan
Dengan adanya sebuah perhitungan pendapatan da pemasukan maka anda akan mengetahui selisih dari pendapatan dan pemasukan anda kira-kira dalam sebulan. Ini akan memudahkan anda untuk menyisihkan kelebihan uang untuk ditabung ataupun mengintropeksi diri untuk mengurangi kebutuhan yang mungkin tidak terlalu penting ke depannya.
3.Mencoba Hidup Hemat
Mungkin ini cara yang agak susah untuk mengubah gaya hidup anda menjadi lebih hemat. Anda harus mengurangi membeli barang yang anda sukai atau berpergian yang tidak bertujuan. Tapi saya mengingatkan bahwa hidup hemat itu bukan berarti harus pelit terhadap orang lain ataupun dirisendiri. Hidup hemat itu mengatur kadar pentingnya tindakan anda saat mengeluarkan sejumlah uang. Karena semakin penghasilan anda besar berbeda pula kadar hemat yang harus dilakukan.
4.Jangan Mudah Untuk Berhutang
Hutang adalah perilaku yang membuat seseorang addicted. Bila anda pernah berhutang satu kali ada kemungkinan untuk ingin berhutang lagi. Berhutang adalah cara cepat untuk mencapai sesuatu yang anda inginkan, Tapi dapat menjadi kebiasaan buruk bila dilakukan terus-menerus di saat anda tidak bisa melunasi hutang tersebut dan segala pengelolaan keuangan anda menjadi berantakan karena hutang yang menumpuk dan bunga yang besar.
5. Menabung
Ini yang paling penting dari pengelolaan keuangan. Karena segala kebutuhan anda kedepan bergantung pada tabungan anda. Sebaiknya tabungan dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan anda. Misalkan : tabungan untuk masa depan anda , tabungan untuk anda pakai dalam jangka pendek.Dengan ini akan memudahkan kita untuk menyisihkan pendapatan kita dan tidak mudah untuk mengambil tabungan untuk kebutuhan yang tidak begitu penting.

Sumber : adhika-rmd.blogspot.com

No comments:

Post a Comment